Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis Kecil (UMKM)

0 Comments

 
Ilustrasi Marketing Digital

Digital Marketing atau Pemasaran Digital (Pemasaran Online) menjadi salah satu opsi yang menarik untuk dilakukan oleh para pelaku usaha. Dimulai dari usaha yang besar maupun kecil, mereka mulai mempromosikan usahanya melalui pasar digital yang cakupannya lebih luas dan dapat menjangkau calon konsumen dari berbagai penjuru di daerah mana pun. 
 
Dari hal tersebut, tentunya kita mengetahui bahwa peran internet yang dapat diakses dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Dalam penerapannya, digital marketing dapat dilakukan melalui berbagai macam media sosial seperti Facebook,  Instagram, Twitter dan lain-lain. Selain itu, Kamu bisa menggunakan situs pribadi untuk memasarkan atau mempromosikan produk Kamu atau dengan memanfaatkan keberadaan marketplace yang banyak tersebar saat ini. 
 
Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari penerapan strategi digital marketing ini. Mulai dari kemudahan penggunaan, murahnya biaya promosi yang diperlukan, dan juga luasnya jangkuan pelanggan yang bisa kita dapati. Lalu, apa saja manfaat digital marketing yang lain?
Mari kita bahas yuk... 
 
Manfaat Menggunakan Digital Marketing untuk Pelaku dan Usaha Kecil Menengah:
 
1. Memudahkan Adanya Interaksi dengan Pelanggan Secara Online 
Saat ini mencari informasi mengenai sebuah produk/layanan tertentu sangatlah mudah dan tidak seperti zaman dulu, zaman dulu orang-orang mencarinya informasi melalui media cetak, brosur atau mendatangi tempat bisnis tersebut secara langsung. Namun, sekarang siapapun bisa dengan mudah memperoleh informasi tentang apa saja melalui media online.
 
Selain itu, para pemilik usaha juga tidak perlu lagi untuk mendatangi konsumen secara langsung. Cukup dengan mempromosikan akun sosial media, bisnis yang kamu jalani bisa dengan mudah di akses dan di lihat menggunakan Instagram, Facebook atau yang lainnya. 
 
2. Meningkatkan konversi penjualan 
Melalui promosi yang dilakukan di berbagai macam media digital, bisa memungkinkan Kamu menjangkau calon konsumen yang berada di luar daerah dan tertarget. 
 
Contoh saja melalui pencarian seperti Google, seseorang biasanya akan mencari tahu mengenai produk yang mereka butuhkan. Nantinya Google akan menampilkan website/blog dari bisnis Kamu yang mana dari website/maupun media sosial tersebut, seseorang kemudian akan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 
 
3. Hemat Biaya Promosi 
Dibandingkan promosi konvensional, biaya untuk promosi digital jauh lebih murah dan efisien. Selain itu seperti yang telah disinggung sebelumnya, promosi melalui media daring memungkinkan Kamu menjangkau pasar yang tak terjangkau dari toko offline. 
 
4. Dapat melayani Costumer Secara Real-Time (Secara Langsung) 
Selanjutnya, melalui pemasaran digital ini, Kamu juga dapat dengan mudah merespon pertanyaan atau keluhan konsumen secara real time. Meski terdengar sepele, hal ini sebenarnya dampak berdampak besar bagi penjualan dalam bisnis Kamu. 
 
Konsumen yang dilayani dengan cepat dan tanggap, tentu akan merasa senang dan puas. Mereka mungkin tak sungkan untuk menawarkan produk/jasa Kamu pada kerabat dan teman terdekatnya jika kamu memberikan pelayanan yang baik. 
 
5. Membantu Menjangkau Para Sengguna Smartphone 
Hampir semua orang saat ini memiliki smartphone yang juga sudah terhubung dengan akses internet. Nah, keuntungan menggunakan digital marketing adalah Kamu dapat dengan mudah menjangkau orang-orang yang lebih sering berkutat dengan gadget-nya. 
 
Keberadaan toko online belakangan memang memudahkan seseorang dalam berbelanja. Tak perlu lagi pergi ke toko secara langsung, Kamu dapat dengan mudah memesannya melalui ponsel yang kemudian nantinya barang akan dikirimkan sesuai alamat. 
 
6. Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan 
 Banyak yang mengatakan bahwa pemasaran digital memiliki Pendapatan yang lebih baik ketimbang pemasaran konvensional, bahkan lebih baik dari telemarketing. 
 
Hal ini tentu saja tak lepas dari peran jangkauan digital marketing yang sangat luas dan memungkinkan Kamu mendapatkan konsumen baru setiap saatnya dari berbagai daerah atau bahkan luar negeri sekali pun. 
 
7. Membantu Bisnis untuk Siap Bersaing dengan Kompetitor
Jika dulu agaknya mustahil bagi bisnis kecil bersaing dengan bisnis atau perusahaan yang sudah besar. Kini dengan digital marketing, memenangkan persaingan dengan kompetitor masih bisa dilakukan.
 
Cukup dengan menyediakan konten-konten berkualitas pada website, blog ataupun akun sosial media bisnis Kamu. Juga pastikan konsumen mendapatkan apa yang mereka inginkan seperti pelayanan yang baik dan ramah serta promo-promo menarik lainnya. 
 
Demikianlah artikel mengenai manfaat digital marketing bagi perusahaan dan bisnis kecil atau UMKM. Yuk coba promosikan kegiatan usaha kamu dengan digital marketing, bila kamu merasa kesusahan dan usaha kamu menganggarkan biaya marketing, cobalah untuk menggunakan jasa profesional dari thelittlebos.id dengan menggunakan jasa profesional, semoga penjualan semakin meningkat kamu tidak perlu untuk susah-susah memikirkan tentang digital marketing.


 

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.