Manfaat Digital Marketing Bagi Perusahaan dan Bisnis Kecil (UMKM)
Digital
Marketing atau Pemasaran Digital (Pemasaran Online) menjadi salah satu opsi
yang menarik untuk dilakukan oleh para pelaku usaha. Dimulai dari usaha yang
besar maupun kecil, mereka mulai mempromosikan usahanya melalui pasar digital
yang cakupannya lebih luas dan dapat menjangkau calon konsumen dari berbagai
penjuru di daerah mana pun.
Dari
hal tersebut, tentunya kita mengetahui bahwa peran internet yang dapat diakses
dengan mudah dimanapun dan kapanpun. Dalam penerapannya, digital marketing
dapat dilakukan melalui berbagai macam media sosial seperti Facebook,
Instagram, Twitter dan lain-lain. Selain itu, Kamu bisa menggunakan situs
pribadi untuk memasarkan atau mempromosikan produk Kamu atau dengan
memanfaatkan keberadaan marketplace yang banyak tersebar saat ini.
Banyak
keuntungan yang bisa didapatkan dari penerapan strategi digital marketing ini.
Mulai dari kemudahan penggunaan, murahnya biaya promosi yang diperlukan, dan
juga luasnya jangkuan pelanggan yang bisa kita dapati. Lalu, apa saja manfaat
digital marketing yang lain?
Mari kita bahas
yuk...
Manfaat Menggunakan
Digital Marketing untuk Pelaku dan Usaha Kecil Menengah:
1. Memudahkan Adanya Interaksi
dengan Pelanggan Secara Online
Saat
ini mencari informasi mengenai sebuah produk/layanan tertentu sangatlah mudah
dan tidak seperti zaman dulu, zaman dulu orang-orang mencarinya informasi
melalui media cetak, brosur atau mendatangi tempat bisnis tersebut secara
langsung. Namun, sekarang siapapun bisa dengan mudah memperoleh informasi
tentang apa saja melalui media online.
Selain
itu, para pemilik usaha juga tidak perlu lagi untuk mendatangi konsumen secara
langsung. Cukup dengan mempromosikan akun sosial media, bisnis yang kamu jalani
bisa dengan mudah di akses dan di lihat menggunakan Instagram, Facebook atau yang
lainnya.
2. Meningkatkan konversi penjualan
Melalui
promosi yang dilakukan di berbagai macam media digital, bisa memungkinkan Kamu
menjangkau calon konsumen yang berada di luar daerah dan tertarget.
Contoh saja
melalui pencarian seperti Google, seseorang biasanya akan
mencari tahu mengenai produk yang mereka butuhkan. Nantinya Google akan
menampilkan website/blog dari bisnis Kamu yang mana dari website/maupun media
sosial tersebut, seseorang kemudian akan tertarik untuk membeli produk yang
ditawarkan.
3. Hemat Biaya Promosi
Dibandingkan promosi
konvensional, biaya untuk promosi digital jauh lebih murah dan efisien. Selain
itu seperti yang telah disinggung sebelumnya, promosi melalui media daring
memungkinkan Kamu menjangkau pasar yang tak terjangkau dari toko offline.
4. Dapat melayani Costumer
Secara Real-Time (Secara Langsung)
Selanjutnya, melalui
pemasaran digital ini, Kamu juga dapat dengan mudah merespon pertanyaan atau
keluhan konsumen secara real time. Meski terdengar sepele, hal ini sebenarnya
dampak berdampak besar bagi penjualan dalam bisnis Kamu.
Konsumen yang
dilayani dengan cepat dan tanggap, tentu akan merasa senang dan puas. Mereka
mungkin tak sungkan untuk menawarkan produk/jasa Kamu pada kerabat dan teman
terdekatnya jika kamu memberikan pelayanan yang baik.
5. Membantu Menjangkau Para
Sengguna Smartphone
Hampir
semua orang saat ini memiliki smartphone yang
juga sudah terhubung dengan akses internet. Nah, keuntungan menggunakan digital
marketing adalah Kamu dapat dengan mudah menjangkau orang-orang yang lebih
sering berkutat dengan gadget-nya.
Keberadaan toko
online belakangan memang memudahkan seseorang dalam berbelanja. Tak perlu lagi
pergi ke toko secara langsung, Kamu dapat dengan mudah memesannya melalui
ponsel yang kemudian nantinya barang akan dikirimkan sesuai alamat.
6. Meningkatkan Penjualan dan
Keuntungan
Banyak
yang mengatakan bahwa pemasaran digital memiliki Pendapatan yang
lebih baik ketimbang pemasaran konvensional, bahkan lebih baik dari telemarketing.
Hal
ini tentu saja tak lepas dari peran jangkauan digital marketing yang sangat
luas dan memungkinkan Kamu mendapatkan konsumen baru setiap saatnya dari
berbagai daerah atau bahkan luar negeri sekali pun.
7. Membantu Bisnis untuk Siap
Bersaing dengan Kompetitor
Jika
dulu agaknya mustahil bagi bisnis kecil bersaing dengan bisnis atau perusahaan
yang sudah besar. Kini dengan digital marketing, memenangkan persaingan dengan
kompetitor masih bisa dilakukan.
Cukup
dengan menyediakan konten-konten berkualitas pada website, blog ataupun akun
sosial media bisnis Kamu. Juga pastikan konsumen mendapatkan apa yang mereka
inginkan seperti pelayanan yang baik dan ramah serta promo-promo menarik
lainnya.
Demikianlah artikel
mengenai manfaat digital marketing bagi perusahaan dan bisnis kecil atau UMKM.
Yuk coba promosikan kegiatan usaha kamu dengan digital marketing, bila kamu
merasa kesusahan dan usaha kamu menganggarkan biaya marketing, cobalah untuk menggunakan jasa profesional dari thelittlebos.id dengan
menggunakan jasa profesional, semoga penjualan semakin meningkat kamu tidak perlu untuk susah-susah memikirkan tentang
digital marketing.