Beberapa Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Pemasaran Online
Baim Wong, Mesya Siregar, dan Beberapa Artis Turut Mendukung Gerakan UMKM Jualan Online |
Mayoritas penduduk Indonesia sudah terhubung
internet dan hal tersebut merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan
oleh semua pemilik bisnis. Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa
Anda harus memanfaatkan pemasaran online.
1. Menyediakan Kesempatan yang Sama untuk Semua Bisnis
Pemasaran online memungkinkan
semua skala bisnis untuk terjun ke dalamnya, baik itu perusahaan besar,
usaha menengah, maupun usaha kecil. Bahkan pemasaran online bisa
diterapkan oleh pemilik bisnis yang baru memulai bisnisnya.
Semua skala bisnis bisa
memanfaatkan pemasaran online karena alat-alat yang diperlukan untuk
pemasaran online mudah diperoleh siapa saja. Cukup berbekal laptop dan
koneksi internet, Anda bisa menerapkan pemasaran online, dari content
marketing sampai social media marketing.
2. Lebih Murah dan Lebih Efektif Dibanding Marketing Tradisional
Selain tidak membutuhkan alat-alat
yang rumit, pemasaran online juga relatif lebih murah dibandingkan
dengan marketing tradisional. Berdasarkan survey Gartner’s Digital
Marketing Spend Report, pelaku usaha kecil menengah yang menerapkan
pemasaran online bisa menghemat anggaran marketing hingga 40 persen.
Tidak hanya hemat, pemasaran online
juga menghasilkan performa lebih baik dibanding marketing tradisional.
Survey dari Gartner juga menunjukkan 28 persen pelaku usaha kecil
menengah berencana untuk memindahkan alokasi marketing tradisional ke
pemasaran online. Perpindahan tersebut menunjukkan pemasaran online
lebih efektif dibanding marketing tradisional.
3. Meningkatkan Revenue Secara Efektif
Dengan metode marketing yang lebih
efektif, Anda juga bisa meningkatkan pendapatan lebih efektif.
Berdasarkan laporan Google, pelaku bisnis yang memanfaatkan pemasaran
online berhasil meningkatkan pendapatan 2.8 lebih besar dibanding bisnis
yang hanya mengandalkan marketing tradisional.
4. Memungkinkan Anda Terhubung dengan Audiens Spesifik
Salah satu alasan terpenting mengapa harus segera beralih ke pemasaran
online adalah Anda bisa menargetkan audiens yang spesifik. pemasaran
online mampu mengumpulkan berbagai data penting, dari lokasi, usia,
minat, hingga gender untuk menentukan target yang paling sesuai untuk
kampanye marketing Anda.
5. Lebih Efektif untuk Pengguna Perangkat Mobile
Berdasarkan riset Google, sebanyak
94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui
perangkat mobile. Mayoritas pengguna internet Indonesia mengakses
internet melalui smartphone karena lebih mudah dan lebih cepat diakses.
Dengan bantuan pemasaran online, Anda dapat dengan mudah menjangkau
konsumen melalui perangkat mobile, terutama media sosial.
6. Membangun Reputasi Brand
Reputasi bisnis di dunia maya
sangat penting di era digital ini. Pemasaran online membantu Anda
membangun reputasi yang baik melalui website, media sosial, hingga SEO.
Menurut riset Adweek, sebanyak 81 persen konsumen melakukan riset online
terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. Hal ini berlaku baik untuk
pembelian online maupun offline. Forbes melaporkan 82 persen konsumen
melakukan riset online di toko fisik sesaat sebelum membeli barang di
toko tersebut. Oleh karena itu, eksistensi Anda di dunia maya sangat
penting dan Anda bisa mencapainya dengan pemasaran online.
Berikut ini langkah yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan pemasaran online :
1. SEO
Search Engine Optimization atau
lebih sering disebut SEO adalah usaha untuk mengoptimasi website Anda
agar lebih mudah ditemukan di hasil pencarian. Hasil pencarian di Google
adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Namun, harus
dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan
hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan
teknik SEO.
2. Content Marketing
Content marketing adalah teknik
marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan,
penting, dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk
mengonversi mereka menjadi konsumen.
Konten yang dibuat dan
didistribusikan dalam content marketing bukan konten sembarangan.
Terdapat dua elemen penting dalam content marketing. Pertama, konten
harus memenuhi tiga syarat ini: penting, relevan, dan konsisten. Jadi,
Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat konten untuk content
marketing. Konten harus memenuhi tiga syarat di atas. Anda harus membuat
konten yang relevan dengan bisnis Anda. Relevan saja tidak cukup. Anda
juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut penting atau tidak
untuk diketahui target audiens. Buatlah skala prioritas berisi
topik-topik yang relevan untuk target audiens. Urutkan dari yang
terpenting hingga topik yang kurang penting.
3. Social Media Marketing
Social media marketing adalah
kegiatan mempromosikan produk atau layanan di platform media sosial
menggunakan strategi tertentu. Definisinya memang cukup sederhana, yaitu
mempromosikan produk atau layanan di media sosial. Akan tetapi, inti
sebenarnya dari social media marketing terletak pada strateginya.
Anda tidak bisa hanya sekadar
membuat akun bisnis Anda di media sosial lalu membuat konten tanpa
strategi. Diperlukan riset untuk menentukan kanal media sosial mana yang
paling cocok untuk bisnis Anda. Anda juga harus menetapkan tujuan dan
metrik yang jelas untuk mengukur keberhasilan strategi social media
marketing Anda.
4. Pay Per Click
PPC adalah kependekan dari Pay Per
Click, salah satu model internet marketing di mana pemasang iklan hanya
perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh target audiens. Sistem
periklanan ini jamak digunakan oleh para perusahaan besar seperti
Google, Facebook, dan Instagram.
Pay per click adalah model iklan
yang cocok diterapkan saat ini, mengingat mayoritas penduduk Indonesia
sudah terhubung dengan internet. Selain itu, model iklan ini juga lebih
efektif, lebih efisien, dan lebih ekonomis dibanding model iklan
konvensional. Tersedia berbagai pilihan untuk membuat iklan PPC, dari
Google Ads, Facebook Ads, hingga Instagram Ads.
5. Affiliate Marketing
Program afiliasi atau affiliate
marketing bukan hal asing di dunia marketing. Sudah banyak perusahaan
baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang menyediakan program
afiliasi. Amazon, eBay, dan Rakuten adalah beberapa perusahaan penyedia
program afiliasi dari luar negeri. Perusahaan Indonesia pun juga banyak
yang menyediakan program afiliasi. Dengan affiliate marketing Anda bisa
mengajak pelanggan reguler untuk mengiklankan produk Anda ke teman-teman
atau followernya di media sosial.
6. Email Marketing
Email marketing adalah pengiriman
pesan komersial seperti newsletter dan promosi melalui email. Sebuah
studi yang dilakukan oleh McKinsey and Company menunjukkan bahwa email
marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen dibandingkan
Facebook dan Twitter. Efektivitas yang tinggi ini mungkin disebabkan
perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu
kotak masuk email.
Selain itu, 59 persen konsumen
bersedia untuk menjadi berlangganan email marketing atau newsletter jika
ada penawaran yang diberikan. Penawaran tersebut bisa berupa kupon atau
diskon spesial. Menurut penelitian sebanyak 65 persen konsumen
mendapatkan kupon diskon dari email marketing. Hal ini menunjukkan bahwa
email marketing mendorong konsumen untuk berbelanja baik online maupun
langsung ke toko.
Sumber: https://edukukm.id